Cara Blokir Iklan di Android Paling Cepat dan Mudah

cara blokir iklan di android


Setiap perangkat Android tentu di lengkapi dengan Google Play Store. Di sini, pengguna bisa mendapatkan konten digital apapun yang di inginkan. Ribuan aplikasi permainan, media sosial, olahraga, memo, dan hiburan lainnya tersedia pada toko daring pengganti Android Market sejak Maret 2012 silam ini.

Menariknya, produk-produk tersebut banyak yang tersedia gratis. Anda dapat mengunduhnya tanpa harus membayar, kecuali untuk beberapa layanan tertentu atau bersifat premium.

Di sisi pengguna, hal tersebut tentu menguntungkan. Selain kapasitas memori ponsel atau komputer tablet yang memadai serta koneksi internet, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya.

Akan tetapi, pernahkah terpikir bagaimana para pengembang aplikasi mendapat keuntungan dari kerja kerasnya? Jika hasil karyanya tidak memberikan laba secara materi kepadanya, mungkinkah mereka tetap mengembangkan program?

Jawabannya adalah dengan iklan. Anda pasti sering menemukannya saat sedang berselancar di internet via browser, tiba-tiba muncul sebuah informasi atau pop-up berisi pesan komersial. Cukup mengesalkan memang.

Namun sekali lagi, biar bagaimanapun itulah cara para pengembang bisa mendapatkan keuntungan dari apa yang telah di kerjakan.

3 cara blokir iklan di Android

Merasa terganggu? tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membatasi kemunculannya:

1. AdBlock Browser

Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi peramban yang satu ini. Anda dapat mengunduhnya via Play Store. AdBlock Browser sebenarnya sudah cukup populer dan juga tersedia pada web browser seperti Google Chrome, serta Mozilla Firefox.

Untuk memanfaatkan fitur AdBlock Browser di ponsel Android juga tidaklah sulit.

  • Setelah Anda unduh dan pasang, buka aplikasi lalu pilih Settings > Adblocking > Acceptable Ads.

cara blokir iklan di android - adblock acceptable ads

  • Hapus tanda centang pada opsi Allow some non-intrusive advertising.

adblock pop ups not allow

Catatan: Langkah di atas akan semakin optimal jika perangkat Android kita telah di root.

2. Google Chrome

Metode selanjutnya, adalah dengan menggunakan Chrome. Langkah-langkahnya pun cukup mudah pula di jalankan. Silakan simak penjelasan singkat di bawah ini:

  • Pilih Settings > Site settings > Pop-ups

chrome pop ups

  • Non-aktifkan (Blocked) Pop-ups

pop ups not allow

3. DNS66

Aplikasi blokir iklan di Android juga dapat di temukan pada F-Droid Repository.  Anda bisa mengunduh DNS66 di sini untuk menghilangkan gangguan komersial yang kerap muncul menutupi layar.

DNS66 akan membatasi semua iklan yang menjadi bawaan aplikasi tidak berbayar. Berbeda dengan Adblock Browser, root tidak perlu di lakukan.

  • Namun yang perlu di ingat, aktifkan terlebih dahulu pilihan Unknown Sources pada menu Setting ponsel atau komputer tablet sebelum memulai.
  • Temukan Packages di bagian bawah F-Droid Repository DNS66, lalu pilih tautan bertuliskan download apk. Selesai mengunduh, lakukan instalasi seperti biasa.

dns66 package

Sumber: f-droid.org

  • Sebagai langkah awal, pilih Domain Filters untuk menentukan server iklan seperti apa yang ingin Anda blokir. (Rekomendasi: Adaway Hosts File)

cara blokir iklan di android - dns66 domain filter

Sumber: Telnet.id

  • Pemilihannya cukup dengan menekan tombol virtual berwarna merah yang terletak di sisi kiri setiap daftar. Warna hijau adalah indikator apabila file hosts berhasil kita aktifkan.

dns66 block host

  • Sesudah file hosts selesai di unduh, aktifkan VPN Service dengan tekan dan menahan ikon Power di tengah layar. Terakhir, klik OK pada laman pop-up yang muncul.

Untuk memanfaatkan DNS66, pastikan ponsel Anda minimal memiliki versi Lollipop. Namun jika tidak, masih tersedia beragam aplikasi serupa di Google Play Store sebagai cara blokir iklan di Android lainnya. Semoga membantu!

Gambar utama: Double-J Design


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.