5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android yang Efektif dan Mudah


Jaringan komunikasi data ponsel Android yang lambat menjadi hal menjengkelkan. Terutama saat di pakai untuk beragam aktivitas seperti streaming video dan bermain game.

Harus ada metode yang efektif agar kegiatan di dunia maya bisa berjalan dengan lancar.

Namun, Anda tidak perlu bingung. Ada beberapa cara mempercepat koneksi internet Android paling mudah kita terapkan. Berikut ini adalah lima metodenya:

1. Membersihkan berkas cache aplikasi

Cara mempercepat koneksi internet Android yang pertama adalah dengan membersihkan cache aplikasi. Penggunaan sebuah program secara terus-menerus akan menumpuk berkas tembolok pada ponsel.

Tidak menutup kemungkinan, tumpukan berkas tersebut bisa mencapai angka ratusan megabyte kalau tidak segera di hapus. Dan, hal itu akan berdampak pada kecepatan jaringan komunikasi data di dunia online.

Untuk membersihkannya cukup mudah. Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi yang memiliki fungsi tersebut, atau di lakukan secara manual.

Salah satu program pembersih berkas tembolok yang bisa Anda gunakan adalah App Cache Cleaner. Software ini akan secara otomatis menghapus keberadaan data singgahan yang tersimpan.

Download App Cache Cleaner

cara mempercepat koneksi internet android - app cache cleaner

Sumber: Play.google.com

2. Periksa konfigurasi jaringan

Cara mempercepat koneksi internet Android yang selanjutnya adalah dengan mengatur konfigurasi jaringan di dalam ponsel.

Masuklah ke bagian Settings > Mobile Network Settings > Preferred network type. Di sini, Anda dapat memilih jaringan mana dengan akses lebih cepat, opsi terbaik adalah 3G/2G (Karena belum semua area di Indonesia di jangkau oleh 4G).

3. Hapus aplikasi dan widget tak terpakai

Terlalu banyak menginstal aplikasi di ponsel, juga berdampak terhadap kelancaran berselancar di dunia maya. Apa lagi, terdapat program yang ternyata bisa berjalan secara tersembunyi di background, Facebook adalah salah satunya.

Kondisi makin di perparah karena software yang bekerja secara tersembunyi, tetap membutuhkan koneksi internet. Hal ini juga berlaku untuk widget.

Untuk menghapus keberadaan widget dan aplikasi yang jarang di gunakan itu pun cukup mudah. Bisa lewat layar utama atau halaman pengaturan (Settings) > Additional settings > Applications management > Installed.

Selanjutnya, pilih aplikasi yang hendak di hapus lalu tekan tombol Uninstall.

Hanya saja, ada program-program tertentu yang tidak bisa di hilangkan karena sudah bawaan dari Google atau produsen ponsel.

4. Instal aplikasi pemblokir iklan

Keberadaan iklan juga menjadi salah satu faktor yang membuat kecepatan internet menurun. Untungnya, ada solusi mudah untuk menghilangkan iklan di layar ponsel dan sekaligus membuat akses ke dunia maya jadi lebih bagus.

Caranya adalah dengan memasang aplikasi pemblokir iklan. Ada beragam perangkat lunak yang memiliki fungsi sejenis bertebaran di Play Store.

Salah satu contoh alat penghilang advertensi adalah AdBlock Browser.  Setelah memakai perangkat lunak ini, layar hp bakal terbebas dari beragam iklan yang mengganggu.

Download Adblock Browser

adblock browser android

5. Gunakan aplikasi peramban hemat data

Saat ini, para developer aplikasi peramban berlomba-lomba untuk menciptakan browser yang memiliki akses cepat. Anda bisa mencari informasi perbandingan di antaranya, dan pilih yang menawarkan kelancaran menelusuri dunia maya lebih tinggi.

Biasanya, fitur penghemat data seperti ini umum di jumpai pada produk aplikasi browser  versi terbaru.  Anda juga bisa melakukan pengujian kecepatan internet dari setiap peramban itu sendiri. Caranya adalah dengan memanfaatkan layanan seperti Speedtest dan sejenisnya.

Cara mempercepat koneksi internet Android di atas bisa dengan mudah kita praktikkan, bukan? Bahkan, bagi Anda yang masih awam sekalipun dapat melewati langkah-langkah di atas tanpa kesulitan. Selamat mencoba, ya!

Gambar utama: Icons8 (Iconarchive.com)


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.