10 Cara Mempercepat Loading Website, Belum Banyak Di Ketahui

cara mempercepat loading website

Siapa pun pasti merasa kesal ketika membuka situs dengan loading yang sangat lama. Banyak membuang waktu, hal tersebut juga membuat kita tidak nyaman.

Selain memengaruhi mood sang pengakses,  situs lemot justru malah menurunkan jumlah pengunjung karena mereka cenderung tidak sabar.

Pada tahun 2010 silam, Google pernah mengumumkan bahwa kecepatan sebuah website turut mempengaruhi algoritma untuk merangking halaman.

Hal itu secara langsung menentukan apakah suatu situs mampu menduduki posisi pertama mesin pencari. Maka tidak heran kalau banyak orang berlomba-lomba mempercepat akses terhadap situs miliknya.

Hal tersebut bisa terjadi di sebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah koneksi internet tidak stabil, perangkat komputer terlalu penuh dan lain sebagainya.

Trik mempercepat loading website

Untuk mengatasinya, yuk simak tips dan trik berikut:

1. Jangan sering lakukan pengalihan

Hal pertama yang membuat performa menjadi melambat adalah kebiasaan melakukan redirect situs. Salah satu contoh saat kita ingin mengubah domain lama ke baru.

Umumnya, agar ranking halaman tidak mengalami penurunan, google menganjurkan untuk mengalihkannya (ada script yang wajib terpasang terlebih dahulu).

Tidak salah memang, namun akan jauh lebih baik lagi apabila sudah benar-benar teralihkan, segera cabut atau hapus script agar tidak membebani kinerja prosesor.

Inilah penyebab koneksi internet menuju situs berjalan sangat lama, terlebih jika halaman tertuju memiliki ukuran lebih besar.

2. Hindari berbagi konten yang membutuhkan plugin

Di internet, ada banyak konten yang meminta si pengguna untuk memasang plugin pada peramban, misal ketika hendak mengunduh ebook.

Padahal perintah semacam ini menyebabkan kecepatan internet melambat, dan akhirnya situs gagal kita akses. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarilah konten yang mensyaratkan instalasi plugin.

Jika Anda ingin berbagi berkas, lampirkan saja link unduhan secara langsung agar pengunjung mampu melihat atau mengunduh dengan praktis.

3. Meningkatkan kecepatan respon server

Cepat tidaknya suatu website ketika di buka, turut di pengaruhi oleh jenis hosting yang kita pakai. Karenanya, gunakan tipe hosting dengan layanan server yang cepat, sebab hal ini berpengaruh langsung terhadap loading situs saat pertama kali di akses.

Satu lagi, lebih baik hindari memakai shared hosting dan manfaatkan VPS atau virtual private server, agar pengunjung situs merasa nyaman dan betah saat menjelajah.

4. Kurangi Request HTTP

Semua objek di dalam website, semacam, gambar, video, swf, javascript dan jenis berkas lainnya pasti di akses dari server melalui HTML.

Nah, proses ini di namakan HTTP request. Penuhnya perintah pada bagian ini sering kali membuat performansi situs menurun.

Salah satu cara yang boleh di tempuh untuk mempercepat loading website adalah dengan mengurangi request pada HTTP. Akhir kata, Anda bisa mengurangi beban kerja server via meminimalisir penggunaan objek.

5. Kompresi kode HTML

Serupa seperti poin keempat, mengurangi atau mengompresi kode html, css, serta javascript juga bisa di lakukan sebagai cara untuk meningkatkan performa.

Makin padat kompresi yang di lakukan, maka ukuran file akan makin kecil, yang berarti bertambahnya kecepatan akses situs.

Nah, untuk mengompresi ketiga jenis berkas tersebut, Anda dapat memanfaatkan tools kompresor melalui sumber berikut: compressmycode.com.

6. Gunakan Cache

Fasilitas Cache paling tidak dapat meringankan beban kerja server yang menyebabkan lambatnya situs ketika di buka.

Dengan tools ini, laman yang Anda tuju tidak akan terus menerus meminta request ke server karena sudah di penuhi oleh cache.

Sedikit catatan, kita cuma dapat menggunakan cache jika peramban yang di pakai sudah pernah mengakses suatu laman web dan data masih tersimpan dalam sistem atau histori jelajah (belum di-clear).

Anda pun juga di persilakan untuk mengolah berkas .htaccess, demi menyimpan data cache pada browser agar proses loading mampu berjalan maksimal.

7. Optimalisasi gambar

Tahukah Anda dengan optimalisasi ukuran berkas gambar pada laman web dapat mempercepat loading suatu situs? Langkah-langkahnya cukup mudah, kok:

  • Hindari kompresi gambar via css. Misal, jika halaman web yang Anda akses menampilkan picture dengan ukuran asli 450 x 450 (setelah memanfaatkan css menjadi 300 x 300), ukuran asli termasuk panjang dan lebar sebenarnya sama sekali tidak berubah.
  • Ubahlah ukuran berkas gambar melalui tools di luaran sana. Ada beragam aplikasi pengompresi foto dengan hasil akhir yang cukup bagus dan bisa Anda pakai sebagai referensi.

8. Pilih format gambar yang sesuai

Penyesuaian format gambar juga sangat berpengaruh terhadap kinerja laman. Berikut adalah jenis file yang bisa Anda manfaatkan:

  • JPEG (format gambar terbaik untuk kita tampilkan).
  • PNG (file ini tidak di dukung oleh beberapa jenis peramban).
  • GIF (hanya bisa di gunakan untuk grafik sederhana, serta pilihan warna terbatas).
  • Jangan gunakan gambar berformat BMP atau TIFF.

9. Manfaatkan Third-Party Script secukupnya

Hindari pemakaian javascript atau css pihak ketiga secara berlebihan langsung dari server mereka agar proses optimasi berjalan maksimal.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena third-party script sering kali mengandung virus atau program tertentu yang malah mengganggu performa.

10. Gunakan Content Delivery Network

Website yang servernya terletak di negara tertentu, biasanya akan lebih cepat di akses dari negara itu sendiri. Hal ini berhubungan erat antara jarak host dan pengakses yang dekat.

Namun, bagaimana kalau pengunjung datang dari berbagai penjuru dunia? Misalkan Amerika atau Inggris? Tentu saja hal tersebut akan memperlambat loading website karena jarak host sangat jauh.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan CDN alias Content Delivery NetworkTools tersebut bekerja dengan cara menyimpan berkas dari situs dan mendistribusikannya ke semua server di seluruh belahan dunia.

Jadi, meskipun hosting berada di Indonesia, perintah akses akan di layani dari server terdekat dengan lokasi si pengunjung.

Selain menerapkan tips di atas, menghapus file dan aplikasi berjalan yang tidak perlu pada komputer juga akan mempercepat loading website Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sumber: devaradise.com/ crazyegg.com

Gambar utama: designbolts


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.