6 Cara Menambah Followers Instagram Paling Ampuh (100% Works)

cara menambah followers instagram

Anda tentu tidak asing lagi dengan media sosial untuk berbagi foto dan video berikut. Sejak awal kemunculannya pada tahun 2010 silam, Instagram memang telah menarik perhatian banyak masyarakat digital.

Bahkan menurut data yang di dapat oleh Statista, jumlah pemakai aplikasi tersebut sudah mencapai angka 600 juta (per desember 2016) secara global serta menempai posisi kedua setelah Facebook di Indonesia.

instagram users

Sumber: statista.com

Mengapa Instagram?

Setiap pengguna memiliki alasan tersendiri mengapa begitu menggemari aplikasi satu ini. Lantas, apa saja yang membuat orang tertarik memanfaatkan Instagram?

1. Lebih privat ketimbang Facebook

Hingga kini, Facebook memang masih menjadi penguasa media sosial secara global.

Bahkan kenyataannya, Instagram pun telah di akuisisi dan berada di bawah naungan perusahaan yang di dirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut sejak 2012 lalu. Kendati demikian, pengguna aktif aplikasi berlogo kamera itu terus meningkat dan kian ramai.

Pengguna Instagram terutama yang aktif, mayoritas memiliki pula akun di Facebook meski hal sebaliknya belum tentu terjadi. Selain karena tren, beralihnya user adalah karena alasan privasi.

Lantaran kehadiran jejaring sosial berwarna biru itu lebih lama, jumlah orang-orang dalam lingkaran pertemanannya pun semakin meningkat.

Kapasitas berlebihan, bahkan orang asing sekalipun membuat privasi menjadi terasa kurang. Anda juga pasti mengalaminya, bukan?

2. Sederhana namun mengakomodasi

Tidak terlalu banyak fitur tersedia pada layanan Instagram. Pemakaiannya juga cenderung mudah: pilih foto untuk hendak kita unggah, tambahkan filter sesuai selera, tulis caption, selesai.

Jika ingin menandai orang lain dalam gambar tersebut, Anda cuma perlu mengetuk gambar dan cari nama penggunanya. Menambahkan lokasi? Aktifkan saja GPS lalu ketik alamat atau lokasi.

Selain gambar statis, Instagram kini juga di lengkapi fasilitas berbagi video dan live streaming. Anda pun bisa menunjukkan aktivitas yang sedang di lakukan kepada followers secara real-time. Seru, kan?

3. Mengangkat status

Meski agak ironi, tetapi toh inilah fakta. Pengguna berlomba-lomba menampilkan foto apik pada akun mereka, mulai dari kualitas amatir hingga profesional. Dan hal yang menjadi imbalannya adalah jumlah like serta meningkatnya jumlah follower.

Semakin banyak jumlah yang di dapat, sang pengguna tentu makin puas. Instagram menjadi salah satu cara untuk mengangkat “status” di lingkaran pertemanan dan ajang eksistensi diri. Tanpa harus menjadi selebriti pun, kepopuleran bisa dengan mudah di raih.

4. Berbisnis

Di era digital seperti sekarang, berbisnis juga semakin mudah di lakukan. Via Instagram, cukup unggah foto produk lengkap dengan detail informasi. Untuk mempromosikan, gunakan tagar atau hashtag (#).

Baca juga: 9 tips jualan Instagram untuk maksimalkan pendapatan

Anda juga bisa meminta artis, rekan atau selebgram lain dalam membantu memasarkan melalui endorse. Karena tujuannya untuk berbisnis, maka syarat selain kualitas layanan serta produk berkualitas, pebisnis online perlu memiliki banyak pengikut.

Cara menambah follower Instagram pun menjadi stategi pemasaran mendasar demi memenangkan persaingan.

Cara menambah followers Instagram

Kenyataannya, tak cuma mereka sebagai pelaku bisnis online yang menginginkan besarnya jumlah pengikut akun. Siapa pun berhak dan sah-sah saja jika punya banyak pengikut (selama itu di manfaatkan untuk edukasi atau hal positif, bukan eksploitasi diri dan orang lain).

Nah, berikut adalah cara memperbanyak followers Instagram dengan mudah dan efektif.

1. Tampilkan konten menarik

Metode pertama adalah dengan senantiasa menampilkan konten apik dan menarik secara kontinyu. Cara ini bisa di bilang paling konvensional, tetapi masih terbukti sangat ampuh.

cara menambah followers instagram - konten 1

Sumber: @wowfakta

Luapkan kreativitas dan bakat melalui sebuah foto. Semakin unik serta apik konten, jumlah pengikut loyal pun akan meningkat secara otomatis. Hal tersebut berdampak pada kualitas follower yang memang benar-benar mengapresiasi hasil karya Anda.

cara menambah follower instagram - konten 2

Sumber: @dagelan

Catatan: Sekali lagi, hindari konten berbau sara, sensual (termasuk eksploitasi wanita) dsb.

2. Gunakan tagar (#)

Bagaimanapun, Anda memerlukan sebuah cara publikasi untuk mengorbitkan nama. Kendati konten itu apik, “pemasaran” juga tetap kita butuhkan. Beruntung, Instagram memiliki fitur hashtag (#) yang memungkinkan dan memudahkan dalam menemukan sesama pengguna aplikasi dengan ketertarikan serupa.

Seperti contoh saat mengunggah sebuah foto tentang kuliner. Setelah memberi caption, tulislah hal-hal berkenaan dengan sajian tersebut menggunakan tagar.

tagar instagram

Sumber: @penyuka_kuliner

Tentu agar mudah di cari dan mendapat banyak perhatian, gunakan hashtag populer seperti #wisatakuliner, #foodie, #foodiegram, dan lain-lain. Jangan lupa, setelah jumlah follower meningkat, pertahankan konsistensi.

3. Hubungkan ke berbagai media sosial

Promosikan akun ke berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter atau Tumblr. Dengan demikian, teman-teman yang belum terhubung dengan Anda di Instagram akan tahu.

Kuncinya adalah, buat semenarik mungkin sehingga orang makin tertarik untuk bergabung.

Nyalakan fitur sinkronisasi media sosial. Pada akhirnya, acap kali melakukan unggahan, foto atau video tersebut juga akan muncul di jejaring komunikasi lain. Sekali dayung, dua tiga pulau terlewati, bukan?

Di bawah adalah langkah-langkah aktivasi:

  • Melalui halaman akun pribadi, akses menu atau navigasi berlambang tiga titik vertikal (sebelah pojok kanan atas) > Settings.

cara menambah followers instagram - linked account 1

  • Lalu buka halaman Linked Accounts.

tambah followers instagram - linked account 2

  • Terakhir pilih media sosial yang ingin di hubungkan (muncul pop-up login ke setiap akun).

tambah follower instagram - linked account 3

4. Manfaatkan fasilitas iklan (Instagram Ads)

Cara ini, memang mengharuskan sang pemilik akun untuk merogoh kocek. Namun tidak ada salahnya untuk di coba. Layaknya Facebook, berpromosi via Instagram hampir serupa pula. Kita dapat menentukan lokasi, demografi, berikut minat user yang ingin di jangkau oleh isi iklan.

Serunya lagi, Anda bisa memasang budget harian secara efektif dan cermat (pengeluaran minimum, hasil maksimal). Misal, bermodalkan 50.000 rupiah per hari, si pengiklan mampu menjangkau hingga 6000-an ribuan orang atau audience selama kurang lebih 1 minggu.

Untuk jenisnya sendiri, sementara baru ada 3 tipe iklan yakni:

  • Click To Website
  • App Install
  • Video Views

Tidak mau repot? Sekarang sudah banyak bertebaran para penyedia jasa pembuatan iklan khusus (silakan cari di google, melalui kata kunci: jasa iklan instagram) dengan beragam pilihan spesifikasi paket dan harga.

Anda cukup menentukan kriteria audience, serta konten yang hendak di promosikan, Sisanya serahkan kepada sang ahli.

5. endorsement dari akun populer

Seperti telah kami sebutkan, bahwa kita bisa bekerjasama dengan para pemilik akun terkenal, selebgram, figur publik atau semacamnya demi meningkatkan jumlah pengikut.

Sama dengan Twitter, orang-orang ini bertindak sebagai influencer yang mempunyai pengaruh besar. Nah tugas Anda adalah menghubungi mereka untuk menjalin kerjasama. Termasuk membicarakan perihal syarat dan ketentuan terkait materi promosi, kesepakatan harga, dll.

6. Follow akun baru

Jika bukan artis atau orang populer semacamnya, akun yang baru di buat belum memiliki banyak teman. Tentu itu menjadi kesempatan terbaik untuk menambah pengikut. Untuk menemukan pengguna baru, Anda bisa mendapatkannya di akun-akun selebriti.

Cek followers selebriti tersebut, biasanya new account berada pada daftar paling atas. Karena juga membutuhkan “teman”, besar kemungkinan mereka akan balas mengikuti pertemanan kita (sekalipun oleh orang asing).

akun instagram baru

Itulah beberapa tips untuk tambah followers Instagram. Mudah, bukan? Semoga membantu!


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.