Cara Mengatasi Touchscreen Error Pada Smartphone Android

4 cara mengatasi touchscreen error

Touchscreen merupakan komponen dari perangkat smartphone yang memiliki fungsi untuk mengubah sinyal analog yang berupa sentuhan menjadi sebuah sinyal digital sehingga dapat di mengerti oleh sistem.

Di masa sekarang ini hampir semua perangkat smartphone sudah menggunakan layar berjenis touchscreen atau layar sentuh dan menghilangkan komponen yang masih banyak di gunakan beberapa tahun lalu, yakni tombol keypad. Jika touchscreen bermasalah, maka proses pengubahan sinyal tidak akan bisa di lakukan dengan sempurna. Hal ini juga akan berakibat pada ikut terganggunya penggunaan perangkat smartphone tersebut.

Banyak masalah yang dapat menghinggapi touchscreen pada sebuah smartphone, seperti respon lambat, respon terlalu cepat, tidak merespon sama sekali, kekurangan tingkat sensifitas, atau bahkan retak dan pecah. Hal-hal inilah yang membuat pengguna harus melakukan perawatan secara rutin agar touchscreen dapat selalu berfungsi dengan baik dan tidak mengalami error.

Touchscreen yang tidak berfungsi dengan baik atau mengalami error memang sangat mengganggu kenyamanan dalam penggunaan sebuah perangkat smartphone.

Namun tidak perlu khawatir, karena melalui artikel ini akan di jelaskan mengenai beberapa cara mengatasi touchscreen error atau tidak berfungsi pada smartphone Android kesayangan Anda.

Lakukan Kalibrasi pada Layar Smartphone

Cara mengatasi touchscreen error pertama adalah dengan melakukan kalibrasi pada layar smartphone.

Cara ini mampu mengatasi masalah pada touchscreen smartphone yang memiliki respon terlalu lambat atau terlalu cepat. Cara melakukan kalibrasi layar yaitu dengan masuk ke menu Settings, lalu pilih Display, lalu pilih Calibration.

cara mengatasi touchscreen error dengan kalibrasi

Setelah itu, layar smartphone akan berubah menjadi putih. Lakukan tap atau ketukan pada sudut-sudut layar untuk melakukan kalibrasi, dan kemudian ikuti petunjuk selanjutnya sampai proses kalibrasi selesai.

Terakhir, silahkan restart ulang dan proses kalibrasi layar seharusnya sudah berhasil di lakukan.

Pada smartphone merek Samsung, proses kalibrasi layar dapat di lakukan dengan masuk ke menu LCD TEST, yaitu dengan cara mengetikkan kode *#0*# (khusus produk samsung) atau *#*#0*#*#* pada layar dial up smartphone Anda.

Baca Juga: 10 Kode Rahasia Android Yang Wajib Di Ketahui Pengguna

cara mengatasi touchscreen error

Cara Mengatasi Touchscreen Error dengan Membersihkan Layar

Layar kotor juga dapat membuat touchscreen menjadi error, sehingga cara mengatasinya adalah dengan membersihkan layar yang kotor tersebut agar touchscreen dapat kembali berfungsi dengan baik.

Sebelum membersihkan layar smartphone, anda perlu mematikan smartphone terlebih dahulu agar sistem dalam smartphone tidak ikut terganggu karena terkena tekanan yang tidak di sadari. Bahkan mungkin juga perlu untuk melepaskan baterai, kartu memori, dan kartu SIM yang masih terpasang pada perangkat smartphone.

Untuk membersihkan layar smartphone, anda dapat menggunakan tisu atau kain halus di basahi dengan cairan alkohol isopropil, kemudian usapkanlah secara perlahan ke seluruh permukaan layar. Lakukanlah hal ini dengan hati-hati.

Lakukan Proses Factory Reset

Cara mengatasi touchscreen error yang satu ini memiliki resiko dapat menghilangkan semua aplikasi dan data yang terdapat pada smartphone Anda. Hal ini karena Factory Reset akan membuat sistem dalam smartphone kembali seperti baru lagi atau kembali ke pengaturan awal pabrik.

Namun apabila sudah yakin mau melakukannya, sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu terhadap data-data di tempat aman, seperti kartu memori atau komputer desktop. Cara melakukan proses Factory Reset adalah dengan masuk menu Settings, lalu pilih Backup & Reset, lalu pilih Reset.

Factory Reset juga dapat Anda lakukan dengan masuk ke Recovery Mode terlebih dahulu. Cara ini bisa di gunakan jika touchscreen smartphone Anda memang sama sekali tidak merespon sentuhan.

Cara masuk ke Recovery Mode berbeda-beda tergantung dari merek smartphone itu sendiri. Namun biasanya dengan menekan kombinasi dari beberapa tombol secara bersamaan selama beberapa detik. Kombinasi tombol-tombol tersebut di antaranya adalah:

  • Tombol Home + Volume Up + Power
  • Tombol Volume Down + Power
  • Tombol Home + Power

Silahkan Anda pilih kombinasi tombol mana yang cocok dengan tipe smartphone. Untuk smartphone merek Samsung, kombinasi tombol yang di pakai adalah yang pertama.

cara mengatasi touchscreen error dengan factory reset

Setelah berhasil masuk ke Recovery Mode, silahkan pilih Wipe Data/Factory Reset. Anda dapat menggunakan tombol volume untuk beralih di antara pilihan menu yang tersedia, dan tombol Home untuk memilih pilihan menu tersebut. Saat ada pesan konfirmasi, silahkan pilih Yes Delete All User. Selanjutnya smartphone akan melakukan restart atau reboot.

Bawa ke Service Center Terdekat

Jika sudah melakukan semua cara mengatasi touchscreen error yang telah disebutkan di atas, namun touchscreen tetap tidak mau berfungsi dengan baik, maka itu berarti touchscreen smartphone benar-benar telah mengalami kerusakan dari sisi hardware. Tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain menggantinya dengan komponen touchscreen yang baru.

Anda bisa melakukan penggantian komponen touchscreen sendiri jika memang memiliki kemampuan dan keahlian dalam hal tersebut. Namun sangat tidak disarankan apabila hanya ingin coba-coba melakukannya, karena kemungkinan malah akan menjadi rusak total dan tidak bisa lagi digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya membawa smartphone Anda ke Service Center terdekat di kota Anda untuk dilakukan penggantian komponen tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi touchscreen error atau tidak berfungsi. Semoga bermanfaat.


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.