Cara Merawat Earphone Yang Benar Biar Tahan Banting

cara merawat earphone

Earphone memang menjadi padanan pas saat sedang menggunakan ponsel, terlebih jika Anda memiliki mobilitas yang tinggi.

Namun sering kali, selama pemanfaatannya terkadang di perlakukan dengan sembrono. Banyak orang tak begitu memperhatikan kondisi dari earphone itu sendiri.

Apabila di tanya, sudah berapa kalikah kita membersihkan alat tersebut? Sudahkah meletakkannya pada posisi tepat? barangkali masih bisa terhitung oleh jumlah jari.

Padahal, mungkin ada banyak sekali kuman yang menghinggapi sebagai contoh. Maka dari itu, kali ini kami mencoba menyuguhan sedikit tips bagaimana atau cara merawat earphone dengan benar.

Jaga kebersihan earphone

Earphone yang tidak terawat memiliki berjuta bakteri di dalamnya, itu di akibatkan oleh penggunaan dalam jangka waktu lama. Perhatikanlah selalu kebersihan earphone agar tetap awet dan terjaga.

1. Membersihkan dengan sikat gigi

Gunakan sikat gigi yang benar-benar kering untuk membersihkan permukaan alat. Menyikat bukanlah perkara sulit. Hal ini di lakukan, agar debu dan kotoran hilang.

cara merawat earphone - bersihkan dengan sikat gigi

Sumber: Sarah Vantassel (Demand Media)

2. Menggunakan alkohol

Anda juga bisa memanfaatkan alkohol 70% sebagai salah satu cara merawat earphone dengan benar. Alkohol memiliki kemampuan membasmi bakteri yang cukup tinggi.

Caranya adalah siapkan kapas terlebih dahulu, cotton buds atau korek kuping, lalu celupkan ke dalam alkohol. Tentu kita tidak perlu khawatir akan efeknya terhadap telinga.

cara merawat earphone - bersihkan dengan kapas

cara merawat earphone - bersihkan dengan korek kuping

Sumber: Sarah Vantassel (Demand Media)

Alkohol akan cepat hilang dari permukaan karena daya menguapnya lebih cepat ketimbang air biasa. Namun, Anda wajib berhati-hati selama proses pembersihan.

Jangan sampai cairan tersebut, masuk ke dalam earphone dan mengenai berbagai komponen elektronik di dalamnya.

Jangan asal saat melipat kabel

Ada cara tersendiri dalam hal melipat kabel earphone. Agar tahan lama, setiap pengguna dapat melipat menggunakan metode simpul.

metode gulung simpul

Sumber: id.pinterest.com

Selain itu, perhatikan pula pola penyimpanannya. Jangan gabungkan dengan barang lain apalagi jika ada perangkat serupa seperti kabel data, supaya terbebas dari semrawut, serta tidak mudah tertarik yang justru menyebabkan kabel putus.

Menyiapkan tempat atau wadah khusus untuk meletakkan gawai, juga bisa mengatasi masalah earphone yang sering tersangkut.

Bersihkan telinga terlebih dahulu

Sebelum menggunakan perangkat, pastikan telinga Anda tetap kering (Terutama seusai mandi atau sehabis berolahraga). Proses itu di jalani untuk meminimalisir korsleting yang mungkin terjadi, nantinya justru malah merusak earphone.

Kurangi intensitas volume

Ada baiknya bagi kita untuk tidak menyetel volume atau mendengarkan lagu terlalu keras. Selain berimbas pada kesehatan telinga, secara tak langsung hal itu juga akan terus membebani kinerja dan dapat merusak setiap elemen sensitif milik earphone.

Itulah beberapa tips untuk membersihkan sekaligus cara merawat earphone agar senantiasa berfungsi sebagaimana mestinya. Selamat mencoba.

Sumber: Hipwee.com

Gambar utama: McDo Design (Iconarchive.com)


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.