4 Etika Bersosial Di Dunia Maya Wajib Anda Ketahui

etika bersosial di dunia maya

Sebagaimana di kehidupan nyata, bersosial di ranah digital juga memiliki aturan-aturan perlu kita patuhi. Bahkan kini, media sosial pun bisa menjadi lebih kejam ketimbang kehidupan realita.

Peraturan terkait etika tersebut tertuang dalam Undang-Undang ITE yang memastikan hak-hak hukum seseorang apabila mendapat tindakan melanggar aturan etika bermedia sosial.

Anda pun sudah tahu beberapa kasus pelanggaran sejenis, bukan? Untuk itu, berhati-hatilah dalam menggunakan fasilitas digital ini.

Untuk menghindari gesekan hukum dan berurusan dengan pihak kepolisian, setidaknya perhatikanlah hal-hal di bawah:

1. Hindari bersinggungan dengan SARA

SARA (Suku, Agama, dan Ras) memang masih menjadi persoalan paling sensitif bagi sebagian besar orang, tak hanya di Indonesia, melainkan juga seluruh dunia. Maka dari itu, hindari memberikan komentar bernada negatif menyangkut hal prinsipal ini.

2. Jangan mengumbar hal melawan norma

Internet adalah salah satu faktor yang kian mempercepat globalisasi. Dan sebagai pengaruh dari keadaan tersebut, informasi menjadi semakin cepat menerjang filtrasi.

Cukup di sesalkan, filtrasi pada generasi muda khususnya masih belum terlalu kuat. Akibatnya, informasi dan budaya asing yang tidak sesuai identitas bangsa di adopsi dengan mudahnya.

Jika keadaan ini terus berlanjut, selain moral yang kian terdegradasi, identitas bangsa juga akan menghilang. Ini tentu bukanlah hal semestinya terjadi, kan?

3. Tak perlu menunjukkan masalah pribadi

Siapa saja memang bebas mengekspresikan apa pun melalui akun media sosial milik mereka secara pribadi, akan tetapi ingatlah bahwa jejaring maya adalah ruang atau wadah publik.

Kendati tidak semestinya orang memberikan penilaian negatif terhadap postingan Anda. Biar bagaimana pun sebaik-baiknya isi tulisan kita, tetap saja ada pihak tertentu yang tidak menyukai. Jadi jangan heran atau tak perlu khawatir bila khalayak tetap melakukan judgement menyudutkan.

4. Hargai hak orang lain

Anda memang dengan mudah mengunduh hasil karya atau postingan milik pengguna lain.

Baca juga: Awas, 5 bahaya download game laptop sembarangan

Akan tetapi, jangan menggunakannya untuk beragam kepentingan yang justru merugikan sang pemilik. Toleransi juga di butuhkan dalam dunia sosial, bahkan meski kepada orang asing sekalipun.

Gambar utama: GraphicLoads (Iconarchive.com)


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.