Awas, 5 Bahaya Download Game Laptop Sembarangan

bahaya download game laptop

Bagi mereka yang mudah bosan saat bekerja, permainan adalah hal wajib harus terpasang di gawainya. Saat kepala penat, game bisa menjadi sarana relaksasi agar tidak terlalu membebani pikiran.

Aplikasi permainan di perangkat komputer (termasuk laptop) sejatinya tak sulit untuk di dapat. Dampaknya dari hal itu dan kemudahan akses melalui internet, membuat banyak orang malah serampangan mengunduhnya.

Risiko download game laptop bajakan

Banyak orang mengunduh di tempat yang tidak tepat, sehingga beberapa bahaya seperti di bawah ini langsung terasa. Yuk, intip apa saja hal buruk yang bisa terjadi pada komputer jinjing, jika Anda mengunduhnya sembarangan.

1. Rawan terkena virus

Download game laptop secara asal, dapat menyebabkan masuknya virus ke dalam perangkat Anda. Dewasa ini, program-program berbahaya mampu menyebar cepat dan hinggap di mana-mana.

Kita tidak akan sadar kalau permainan yang di unduh, ternyata memuat komponen asing yang menyerang secara perlahan-lahan.

Baca juga: Pilihan aplikasi permainan untuk hilangkan penat

Virus yang hinggap pada game biasanya beraneka jenis. Ada yang mampu melumpuhkan aplikasi tertentu dan mematikan sistem secara perlahan. Apabila laptop yang di miliki tidak terpasang software anti program berbahaya, kemungkinan besar kerusakan akan terjadi dan mungkin perlu di instal ulang dari awal.

2. Menghilangkan data atau berkas penting

Saat memasang game yang telah di unduh, tidak hanya virus saja yang ikut masuk dan akhirnya berkembang biak. Beberapa aplikasi asing lain juga ikut masuk dan sulit untuk terdeteksi.

Benda digital tersebut mungkin tidak membuat kerusakan, tapi secara diam-diam mengambil sesuatu yang penting dan sifatnya rahasia.

Zaman sekarang, sudah tidak tidak terhitung lagi bagaimana cara seseorang atau hacker mencuri sebuah data. Dengan memasang aplikasi permainan yang di dapat secara bajakan, beragam hal berbahaya itu bisa saja masuk.

Di kendalikan dari jauh, data-data penting yang ada pada komputer jinjing Anda bisa terambil dengan mudah.

3. Mempengaruhi kinerja laptop

Game yang di unduh melalui situs resmi atau DVD orisinal tidak berisiko memberikan gangguan. Pengembang sudah melakukan pengecekan beberapa kali agar cocok di gunakan pada berbagai jenis dan varian laptop.

Sementara itu, permainan yang di-download dari laman penyedia berkas yang tidak jelas asal-usulnya, memiliki kemungkinan besar tercampur virus. Kinerja laptop pun perlahan-lahan akan terganggu.

Misalnya, yang awalnya cepat menjadi sedikit lemot, sehingga mengganggu pekerjaan secara menyeluruh.

4. Peluang Di pidanakan

Setiap permainan yang di kembangkan, selalu memiliki lisensi. Siapa saja yang ingin menggunakannya harus mendapatkan nomor serinya secara resmi.

Saat download game laptop, bagian ini kerap terlewati atau sengaja di rusak oleh orang tertentu. Akibatnya, siapa saja bisa bermain secara gratis, meski aslinya berbayar.

Baca juga: Game strategi Android untuk mengasah taktik

Kalau ketahuan menggunakan game bajakan, ada kemungkinan pemakainya akan di pidanakan. Pihak pengembang akan melacak alamat IP komputer pemakai yang tidak membeli secara resmi.

Tidak mau kan, hanya perkara sederhana lantas sampai berurusan dengan meja hijau?

5. Menghancurkan dunia kreatif

Poin terakhir ini mungkin tidak secara langsung berpengaruh pada perangkat yang Anda gunakan. Bisa saja, game yang di unduh berjalan lancar tanpa ada gangguan sama sekali.

Namun, dengan terus seperti itu tanpa membayar, kita sudah ikut serta mematikan industri kreatif.

Mengembangkan aplikasi bukanlah perkara yang mudah. Butuh banyak orang dan juga dana. Jika sesuatu yang di kembangkan susah payah ini bisa di manfaatkan dengan mudah, mereka mau makan apa? Bagaimana perusahaan membayar gaji pada karyawannya?

Inilah sedikit ulasan tentang bahaya download game laptop secara sembarangan. Semoga kita semua sadar bahwa kalau ingin menikmati sesuatu, harus mau berkontribusi pula.

Toh, membeli secara resmi tentu akan membantu si pengembang membuat permainan yang lebih baik dan inovatif.


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.