9 Tips Jualan di Instagram Untuk Maksimalkan Pendapatan

tips jualan di instagram

Jejaring sosial adalah salah satu bentuk perkembangan era modern digital yang paling nyata dan berdampak besar.

Berawal dari metode komunikasi via chatting secara personal, kini berkembang sebagai wadah berbagi aktivitas serta cerita kepada ruang publik terbuka.

Komunikasi tak lagi bersifat point to point, namun berganti menjadi point to multipoint. Salah satunya adalah Instagram.

Media baru favorit para pebisnis

Sebelum kemunculan Instagram, pelaku usaha lebih senang berpromosi dan publikasi melalui platform digital lain. Sebut saja situs web, blog, media social (Facebook dan Twitter). Sekarang, pasca munculnya aplikasi nan praktis tersebut, mereka pun beralih.

Ada beberapa alasan mengapa semakin banyak bermunculan online shop di Instagram. Salah satunya adalah karena lebih praktis. Cukup dengan membuka aplikasi dari gadget, calon pembeli tidak perlu lagi akses menu atau fitur lainnya.

Sementara jika menggunakan situs web sebagai contoh, calon pembeli masih harus mengunjungi banyak halaman, cuma untuk memperoleh detail informasi produk.

Selain itu, berdasarkan data yang di dapat dari sebuah penelitian, pengguna Instagram cenderung lebih aktif.

Meski tak selalu mengunggah foto atau video, mereka rajin menyambangi akunnya. Dalam keadaan tidak terlalu sibuk, user setidaknya membuka aplikasi satu kali setiap jam.

Tips jualan di Instagram

Melakoni bisnis online shop sekilas nampak mudah. Cukup duduk tenang bermodalkan gadget, internet, dan catatan, semua beres. Urusan packing dan pengiriman meski terlihat tak terlalu susah toh masih bisa kita atasi. Namun, benarkah demikian?

Jangan terburu mengiyakan. Meski ada berbagai kelebihan di banding berjualan melalui toko secara fisik (on site), berbisnis via dunia maya tidak semudah yang di bayangkan.

Termasuk pula melakoni perdagangan melalui Instagram. Perkaranya tidak melulu soal unggah foto dan menerima pesanan.

Anda harus memahami cara jualan di Instagram agar bisnis dapat berjalan maksimal. Strategi pemasaran perlu kita kenali betul, sebab caranya juga tidak terlalu sederhana.

Meski demikian, bukan berarti susah dan mustahil untuk di lakukan. Nah, bagi Anda yang sedang atau ingin mencoba berjualan via digital dengan aplikasi di bawah naungan Facebook ini, berikut beberapa tipsnya:

1. Buat akun toko

Anda tentu memiliki akun Instagram pribadi. Buat sebuah account lainnya yang khusus untuk kepentingan usaha sehingga lebih profesional dan terpercaya.

Jangan lupa, pastikan nama atau merek dagang yang di gunakan unik, menarik, dan mudah orang lain ingat.

2. Dapatkan banyak followers

Khalayak tentu akan lebih mempercayai akun yang memiliki banyak pengguna di banding sebaliknya. Karena itu, Anda harus berusaha untuk menaikkan jumlah pengikut online shop. Caranya pun tidak terlalu susah.

Baca juga: Cara menambah followers Instagram paling ampuh

Anda bisa mulai dengan mengikuti toko online lain sejenis—pastikan juga sudah memiliki banyak follower. Follow pengikut akun tersebut sebanyak mungkin.

Untuk membuat penasaran calon konsumen, aktifkan pengaturan privasi. Dengan demikian, mereka akan tergelitik untuk mencari tahu serta mau tidak mau akan balik mengikuti.

3. Pasang foto-foto apik dan menarik

Hindari penggunaan gambar berkualitas rendah, apalagi bukan gambar asli. Tampilkan produk sebaik mungkin untuk menarik pembeli. Foto dengan resolusi tinggi dengan penataan yang rapih tentu akan meningkatkan minat calon pelanggan.

Jika menjual produk fashion, sebaiknya tampilkan foto ketika busana sedang di pakai. Dengan demikian, calon pembeli akan merasa lebih puas dan jelas. Apabila perlu, manfaatkan jasa fotografer profesional agar semakin menunjang.

4. Tampilkan testimoni sesekali

Sedikit kendala yang biasa muncul dalam berbisnis online adalah masalah kepercayaan. Hingga kini, masih banyak pelanggan yang memiliki ketakutan (bisa pula trauma) untuk membeli barang dengan cara seperti itu.

Pasalnya, akun palsu dengan mudahnya berkamuflase menjadi toko berkredibilitas pun kian marak terjadi. Untuk menghindari kejadian tersebut, sesekali terutama bagi pemula, tampilkanlah testimoni pelanggan.

Jangan pula terlalu sering sebab justru akan membuat calon pembeli menjadi jengah. Anda juga dapat menambahkan watermark pada foto feedback pelanggan agar tidak ikut di curi akun palsu lainnya.

5. Gunakan tanda pagar (tagar #)

Untuk memudahkan pengguna dalam menemukan produk dan toko Anda, gunakan hashtag pada foto. Beri tagar sesuai dengan barang yang di tawarkan serta pencarian terpopuler.

Misal produk yang kita jual adalah sweater. Anda bisa menggunakan tagar #sweaterrajut, #jualsweater, #sweaterimport, dan sebagainya. Buat se-spesifik mungkin serta pastikan hashtag sesuai dengan kategori barang.

6. Lebarkan pemasaran dengan endorse dan diskon

Perluas pangsa pasar dengan menggunakan jasa endorse para selebgram. Pilih public figure dengan jumlah pengikut yang banyak untuk membantu Anda mengembangkan bisnis.

Sesuaikan pula para model dengan jenis produk. Misal untuk fashion muslimah, bekerja samalah bersama hijabers.

Jangan lupa, bagi-bagi diskon atau giveaway. Adakan fasilitas semacam ini dalam periode tertentu. Siapa yang bisa menolak barang berkualitas dengan potongan harga dan hadiah?

Hal yang perlu di perhatikan

Saat berjualan di Instagram, ada beberapa hal yang tak kalah pentingnya perlu Anda lakukan agar lebih memaksimalkan bisnis seperti berikut:

1. Beri informasi toko dan produk sedetail mungkin

Lengkapi profil online shop Anda. Sertakan nama toko dan kontak yang dapat di hubungi (WhatsApp, Line, BBM, dan lain-lain). Boleh juga di sebutkan nama bank untuk keperluan transaksi serta alamat toko jika memang ada serta bersedia.

Selain itu, lengkapi detail informasi untuk setiap barang yang di jual. Misalkan produk sepatu, beri keterangan soal ukuran, warna, kualitas, asal pembuatan atau pabrik, bahan, harga, dan sebagainya.

Dengan demikian Anda akan terbantu dalam meminimalisasi pertanyaan-pertanyaan semacam itu pada chat.

2. Buat logo khusus

Buatlah logo yang merepresentasikan bisnis Anda, bisa berupa gambar atau tulisan. Jadikan sebagai foto profil di akun Instagram dan media komunikasi seperti WhatsApp atau lainnya. Hal ini akan meningkatkan kesan profesionalisme dan kepercayaan pelanggan.

3. Ramah, tegas, jujur dan cepat tanggap

Hal paling penting dari sebuah bisnis adalah pelayanan yang di berikan. Anda harus mampu meladeni pelanggan secara cepat, ramah dan tegas. Dengan demikian, pembeli akan merasa puas dan mungkin menjadi pelanggan tetap.

Itulah beberapa tips berjualan di Instagram. Kini, berbisnis tidak harus menyediakan lapak atau ruang besar. Anda pun bisa bekerja di rumah dan dari mana saja bermodalkan gawai dan internet. Menarik, bukan?

Gambar utama: kameleon.pics


Julian

Hanya ingin sedikit berbagi ulang dan mencari secercah harapan di dunia maya.